1.Nasi : Makanan ini sudah sesuai dengan susunan makanan bergizi seimbang karena nasi adalah makanan pokok. Didalam nasi terdapat karbohidrat sebagai bahan bakar yang akan menghasilkan panas dan tenaga.
2.Daging : Makanan ini sudah sesuai dengan susunan makanan bergizi seimbang karena daging tergolong lauk pauk. Daging merupakan sumber protein yang berfungsi untuk membangun sel-sel baru bagi pembangunan jaringan-jaringan sel baru.
3.Kacang Panjang : Makanan ini sudah sesuai dengan susunan makanan bergizi seimbang karena kacang panjang adalah jenis sayuran yang banyak mengandung berbagia macam vitamin yang berfungsi sebagai zat pengatur untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan mencegah timbulnya penyakit.
4.Pisang : Makanan ini sudah sesuai dengan susunan makanan bergizi seimbang karena pisang merupakan jenis buah-buahan yang mengandung banyak vitamin.
5.Susu : Susu merupakan pelengkap karena didalam susu terdapat zat gizi yang paling lengkap.
Selasa, 28 Februari 2012
Karangan “ JIKA TUMBUHAN HIJAU TIDAK ADA”
By PUTRI R.
Aku harus bersyukur atas pemberian Tuhan akan pemandangan hijau yang aku lihat setiap hari mulai aku bangun tidur sampai malam menjelang. Semuanya menyejukkan hatiku dan terbesit dalam hatiku bahwa aku akan menjaga pembebrian Tuhan tersebut dengan terus merawat tanaman yang ada di sekitarku agar aku selalu bisa menikmati indahnya pemandangan yang nan hijau. Aku tidak bisa membayangkan kenyataan sebaliknya, jika tumbuhan hijau tidak ada.
Maka kegersangan adalah sesuatu yang pasti akan terjadi. Semuanya menjadi sangat panas karena tidak ada lagi yang melindungi halaman-halaman rumah kita dari cahaya langsung matahari. Di siang hari, debu-debu berterbangan yang akan membuat banyak manusia terjangkit penyakit seperti asma. Tanah menjadi gersang yang hanya dipenuhi pasir dan debu serta bebatuan. Manusiapun banyak yang akan kelaparan karena sudah tidak ada lagi sumber air untuk baik bercocok tanam maupun untuk minum. Sungguh keadaan yang akan sanagat mengerikan bila tumbuhan hijau tidak ada. Oleh sebab itu aku berjanji bahwa aku akan menjaga lingkunganku tetap hijau seperti halnya anak-anak di Australia yang pernah aku lihat yang sangat peduli menjaga lingkungannya.
Aku harus bersyukur atas pemberian Tuhan akan pemandangan hijau yang aku lihat setiap hari mulai aku bangun tidur sampai malam menjelang. Semuanya menyejukkan hatiku dan terbesit dalam hatiku bahwa aku akan menjaga pembebrian Tuhan tersebut dengan terus merawat tanaman yang ada di sekitarku agar aku selalu bisa menikmati indahnya pemandangan yang nan hijau. Aku tidak bisa membayangkan kenyataan sebaliknya, jika tumbuhan hijau tidak ada.
Maka kegersangan adalah sesuatu yang pasti akan terjadi. Semuanya menjadi sangat panas karena tidak ada lagi yang melindungi halaman-halaman rumah kita dari cahaya langsung matahari. Di siang hari, debu-debu berterbangan yang akan membuat banyak manusia terjangkit penyakit seperti asma. Tanah menjadi gersang yang hanya dipenuhi pasir dan debu serta bebatuan. Manusiapun banyak yang akan kelaparan karena sudah tidak ada lagi sumber air untuk baik bercocok tanam maupun untuk minum. Sungguh keadaan yang akan sanagat mengerikan bila tumbuhan hijau tidak ada. Oleh sebab itu aku berjanji bahwa aku akan menjaga lingkunganku tetap hijau seperti halnya anak-anak di Australia yang pernah aku lihat yang sangat peduli menjaga lingkungannya.
ALAT-ALAT YANG MENGANDUNG MAGNET
By Putri R.
1.
Gunting jahit
Menarik jarum jatuh
2.
Pengunci kotak tas
Menutup tas dengan rapat
3.
Obeng
Menarik jarum jatuh
4.
Dynamo kipas angin
Memutar kipas angina
5.
Alarm pengaman mobil
Menyalakan rlarm mobil
1.
Gunting jahit
Menarik jarum jatuh
2.
Pengunci kotak tas
Menutup tas dengan rapat
3.
Obeng
Menarik jarum jatuh
4.
Dynamo kipas angin
Memutar kipas angina
5.
Alarm pengaman mobil
Menyalakan rlarm mobil
BENDA-BENDA YANG MENGGUNAKAN PRISIP MIRING, KATROL, DAN RODA
Oleh Putri Rahmatillah (SDN 11 KOTA BIMA)
No Nama Alat Jenis Pesawat Keterangan
1. Kerekan tiang bendera: Katrol : Tergolong katrol tetap
2. Obeng : Bidang Miring : Tergolong prinsip baji
3. Kursi roda: Roda: Tergolong katrol tetap
4. Kerekan timba air sumur: Katrol : Tergolong katrol tetap
5. Pisau : Bidang Miring : Tergolong prinsip baji
6. Alas lemari es: Roda: Tergolong katrol tetap
7. kapak : Bidang Miring : Tergolong prinsip baji
No Nama Alat Jenis Pesawat Keterangan
1. Kerekan tiang bendera: Katrol : Tergolong katrol tetap
2. Obeng : Bidang Miring : Tergolong prinsip baji
3. Kursi roda: Roda: Tergolong katrol tetap
4. Kerekan timba air sumur: Katrol : Tergolong katrol tetap
5. Pisau : Bidang Miring : Tergolong prinsip baji
6. Alas lemari es: Roda: Tergolong katrol tetap
7. kapak : Bidang Miring : Tergolong prinsip baji
KARANGAN TENTANG PERISTIWA ALAM
GEMPA BUMI
Oleh : Putri Rahmatilah
Suatu malam ketika aku tidur bersama adikku, aku dikagetkan dengan teriakan mamaku memanggil kami sembari berucap.” Cepat keluar….cepaat.. ada gempa….”. Aku terbangun ketakutan begitu juga adikku. Aku sangat ketakutan karena masih kurasakan rumahku tergoncang dengan dahsatnya. Aku dan adikkupun keluar dari kamar yang gelap gulita karena saat gempa terjadi listrik padam.
Kami semua keluar dari rumah dan berdiri di halaman depan rumah karena seluruh keluarga takut kalau rumah akan roboh. Pun begitu dengan semua orang. Tidak ada yang berani masuk rumah. Dalam keadaan gelap gulita semua tetanggaku berada diluar rumah mereka dan berkumpul semua sambil merasa ketakutan. Goncangan gempa yang sangat besar membuat semuanya ketakutan. Aku mendengar dari tetanggaku kalau satu kamar rumahnya yang ada di lantai dua ambruk. Tetanggaku yang satu rumahnya retak sangat parah sehingga mereka tidak berani lagi tinggal dirumahnya sebelum diperbaiki. Sementara rumahkupun retak, namun tidak begitu parah karena pondasi yang kuat dan campuran bahan bangunan yang baik. Namun beberapa genteng rumahku jatuh dan mengenai mobil yang diparkir samping rumah. Syukurlah, genteng yang jatuh tidak mengenai kaca mobil sehingga kaca mobil tidak pecah.
Beberapa hari kemudian terdengar berita kalau gempa bumi yang terjadi pada malam itu yaitu pada tanggal 9 November 2009 berpusat di kecamatan Ambalawi. Dan di kecamatan tersebut, banyak rumah dan sekolah yang roboh. Bahkan salah satu SMA yang ada dikecamatan tersebut tidak bisa lagi dipergunakan untuk proses belajar mengajar karena hamper seluruh ruangan disekolah tersebut sudah roboh. Sungguh peristiwa yang sangat menakutkan yang seharusnya bisa kita antisipasi dengan membangun rumah yang sangat kokoh dan kuat yang pengerjaannya harus baik agar tidak runtuh.
Oleh : Putri Rahmatilah
Suatu malam ketika aku tidur bersama adikku, aku dikagetkan dengan teriakan mamaku memanggil kami sembari berucap.” Cepat keluar….cepaat.. ada gempa….”. Aku terbangun ketakutan begitu juga adikku. Aku sangat ketakutan karena masih kurasakan rumahku tergoncang dengan dahsatnya. Aku dan adikkupun keluar dari kamar yang gelap gulita karena saat gempa terjadi listrik padam.
Kami semua keluar dari rumah dan berdiri di halaman depan rumah karena seluruh keluarga takut kalau rumah akan roboh. Pun begitu dengan semua orang. Tidak ada yang berani masuk rumah. Dalam keadaan gelap gulita semua tetanggaku berada diluar rumah mereka dan berkumpul semua sambil merasa ketakutan. Goncangan gempa yang sangat besar membuat semuanya ketakutan. Aku mendengar dari tetanggaku kalau satu kamar rumahnya yang ada di lantai dua ambruk. Tetanggaku yang satu rumahnya retak sangat parah sehingga mereka tidak berani lagi tinggal dirumahnya sebelum diperbaiki. Sementara rumahkupun retak, namun tidak begitu parah karena pondasi yang kuat dan campuran bahan bangunan yang baik. Namun beberapa genteng rumahku jatuh dan mengenai mobil yang diparkir samping rumah. Syukurlah, genteng yang jatuh tidak mengenai kaca mobil sehingga kaca mobil tidak pecah.
Beberapa hari kemudian terdengar berita kalau gempa bumi yang terjadi pada malam itu yaitu pada tanggal 9 November 2009 berpusat di kecamatan Ambalawi. Dan di kecamatan tersebut, banyak rumah dan sekolah yang roboh. Bahkan salah satu SMA yang ada dikecamatan tersebut tidak bisa lagi dipergunakan untuk proses belajar mengajar karena hamper seluruh ruangan disekolah tersebut sudah roboh. Sungguh peristiwa yang sangat menakutkan yang seharusnya bisa kita antisipasi dengan membangun rumah yang sangat kokoh dan kuat yang pengerjaannya harus baik agar tidak runtuh.
SOAL-SOAL CERDAS CERMAT BAHASA INGGRIS SMP... Oleh: Salahuddin
SOAL 1
Soal Penyisihan
1. How do you spell the following word: LIBRARY
2. How do you spell this word : SCHOOL
3. How do you spell this word : CLASSROOM
4. How do you spell the following word: FLOWER
Cadangan:
1. How do you spell the word : TEACHER
2. How do you spell the word : DILLIGENT
Soal Rebutan
1. What do you say if some helps you?
Jawaban: Thank you
Cadangan:
3. What do you say if you meet your friend in the morning?
Jawaban: Good morning
---------------------------------------------------------------------------------------------------------
SOAL 2
Soal Penyisihan
1. What is the opposite of BAD?
Jawaban: Good
2. What is the opposite of FAR?
Jawaban: Near
3. What is the opposite of TAKE?
Jawaban: Give
4. What is the opposite of LAZY?
Jawaban: Dilligent
Cadangan
1. What is the opposite of STRONG?
WEAK
2. What is the opposite of OLD?
YOUNG
Soal Rebutan
1. Someone who flies an aeroplane is called…….
Jawaban: PILOT
Cadangan
1. Someone who usually helps a doctor is called……..
Jawaban: NURSE)
SOAL 3
Soal Penyisihan
1. Complete this sentence: I need to ……. I am so thirsty.
Jawaban: DRINK
2. Complete this sentence: Let’s go to ………. I need to borrow some books.
Jawaban: LIBRARY
3. Complete this sentence: If you are sick you should see a ……….
Jawaban: DOCTOR
4. Complete this sentence: May I borrow your ……… I need to look up words I don’t know.
Jawaban: LIBRARY
Cadangan
1. Complete this sentence: I need to go to …….. to save my money.
Jawaban: BANK
Soal Rebutan
1. Change the following sentence into present continuous tense : He waters the flowers
Jawaban: He is watering the flowers
Cadangan:
Change the following sentence into present continuous tense : I wash my clothes
Jawaban: I am washing my clothes
SOAL 4
Soal Penyisihan
1. What is the past form of the verb GO?
Jawaban: WENT
2. What is the past form of the verb DO?
Jawaban: DID
3. What is the past form of the verb COME?
Jawaban: CAME
4. What is the past form of the verb FIND?
Jawaban: FOUND
Cadangan
1. What is the past form of the verb TAKE?
Jawaban: TOOK
2. What is the past form of the verb WRITE?
Jawaban: WROTE
Soal Rebutan
1. Determine whether this sentence is true or false : MY MOTHER ARE COOKING
Jawaban: FALSE
Cadangan
1. Determine whether this sentence is true or false : I DOES NOT HAVE ANY MONEY
Jawaban: FALSE
-------------------------------------------------------------------
SOAL 5
Soal Penyisihan
1. What day comes after Tuesday?
Jawaban: WEDNESDAY
2. What day number comes after eleven?
Jawaban: TWELVE
3. What month comes after July?
Jawaban: AUGUST
4. What year comes after 2010?
Jawaban: 2011
Cadangan
1. What day comes after Saturday?
Jawaban: SUNDAY
2. What month comes after March?
Jawaban: APRIL
Soal Rebutan
1. Someone who flies an aeroplane is called…….
Jawaban: PILOT
Cadangan
1. Someone who delivers letters is called………
Jawaban: POSTMAN
----------------------------------------------------------
SOAL 6
Soal Penyisihan
1. Complete the following sentence with correct form of possessive pronouns.
I have a car. This is … … car.
Jawaban: MY
2. Complete the following sentence with correct form of possessive pronouns. You have two horses. They are … … horses.
Jawaban: YOUR
3. Complete the following sentence with correct form of possessive pronouns!
He has a basket. That is … … basket.
Jawaban: HIS
4. Complete the following sentence with correct form of possessive pronouns.
She has two baskets. Those are …… baskets.
Jawaban: HER
Cadangan:
1. Complete the following sentence with correct form of possessive pronouns.
We have five apples. These are … …apples.
Jawaban: OUR
2. Complete the following sentence with correct form of possessive pronouns.
They have boat. It is … … boat.
Jawaban: THEIR
Soal Rebutan
1. Change the following sentence into simple past tense
I do not have much money
Jawaban: I DID NOT HAVE MUCH MONEY
Cadangan
2. Change the following sentence into simple past tense.
I cannot open the door
Jawaban: I could not open the door
-------------------------------------------------------------------------------------
SOAL 7
Penyisihan
1. Complete the sentence with appropriate word!
You go to a …to check your teeth.
Jawaban: DENTIST
2. Complete the sentence with appropriate word!
….helps a doctor to examine a patient.
Jawaban: NURSE
3. Complete the sentence with appropriate word!
A…makes wooden tables and chairs.
Jawaban: CARPENTER
4. Complete the sentence with appropriate word!
A ………… makes a shirt for you.
Jawaban: TAILOR
Cadangan
1. Complete the sentence with appropriate word!
Your …………. gives you homework everyday
Jawaban: TEACHER
2. Complete the sentence with appropriate word!
Every restaurant has……………………
Jawaban: COOKS
Soal Rebutan
1. What is the sport played by eleven players of each team?
Jawaban: SOCCER/ FOOTBALL
Cadangan
2. What is the sport played by six players of each team?
Jawaban: VOLLEYBALL
--------------------------------------------------------------------
SOAL 8
Soal Penyisihan
1. What is the appropriate question for the following response!
My full name is Dede Yusuf
Jawaban: What is your full name?
2. What is the appropriate question for the following response!
I am 14 years old
Jawaban: How old are you?
3. What is the appropriate question for the following response!
I am 160 cms tall
Jawaban: How tall are you?
4. What is the appropriate question for the following response!
I live in Bima
Jawaban: Where do you live?
Cadangan
1. What is the appropriate question for the following response!
I have two brothers and one sister
Jawaban: How many brothers and sisters do you have?
2. What is the appropriate question for the following response!
My father is a musician
Jawaban: What is your father’s job
Soal Rebutan
1. How do you response to the following news;
My father got an accident yesterday
Jawaban: I am sorry to hear that
Cadangan
How do you response to the following news
I have just won Olympic game
Jawaban: Congratulation
SOAL 1
Soal Penyisihan
1. Where do students usually borrow books?
Jawaban: Library
2. Where do students buy foods or cakes in school?
Jawaban: Canteen
3. Where do students conduct experiment?
Jawaban: Laboratory
4. Where do people go if they want to send letter:
Jawaban: Post office
Cadangan:
1. Where do people go to catch bush?
Jawaban: Bus station
Soal Rebutan
1. Change this sentence into simple past tense
I go to bed and then sleep
Jawaban: I went to bed and then slept
Cadangan:
2. Change this sentence into simple past tense!
I do the homework with my friends
Jawaban: I did the homework with my friend
SOAL 2
Soal Penyisihan
1. What do people usually use to cover themselves from the rain?
Jawaban: Rain coat/ Umbrella
2. What do students wear to school?
Jawaban: School uniform/uniform
3. What does a goal keeper use in his hand when playing football?
Jawaban: Gloves
4. What do people use to cover their heads from the heat of the sun?
Jawaban: Hat
Cadangan:
1. What does a motorcycle wear to protect his head?
Jawaban: Helmet
Soal Rebutan
1. Change this sentence into present continuous tense!
I and Nana watch a movie
Jawaban: I and Nana are watching a movie
Cadangan:
1. Change this sentence into present continuous tense!
I and Nana do the homework
Jawaban: I and Nana are doing the homework
SOAL 3
Soal Penyisihan
1. What do people usually do when they are hungry?
Jawaban: eat
2. What do people do when they are sleepy?
Jawaban: Go to bed/ sleep
3. What do people do when they are thirsty?
Jawaban: Drink
4. What do people do in swimming pool?
Jawaban: swim
Cadangan:
1. What do people usually do in front of television?
Jawaban: Watch
Soal Rebutan
1. Change this sentence into simple past tense!
I have to go to Bali
Jawaban: I had to go to Bali
Cadangan:
1. Change this sentence into simple past tense!
I can do the homework
Jawaban: I could do the homework
SOAL 3
Soal Penyisihan
1. What do people usually do when they are hungry?
Jawaban: eat
2. What do people do when they are sleepy?
Jawaban: Go to bed/ sleep
3. What do people do when they are thirsty?
Jawaban: Drink
4. What do people do in swimming pool?
Jawaban: swim
Cadangan:
1. What do people usually do in front of television?
Jawaban: Watch
Soal Rebutan
1. Change this sentence into simple past tense!
I have to go to Bali
Jawaban: I had to go to Bali
Cadangan:
1. Change this sentence into simple past tense!
I can do the homework
Jawaban: I could do the homework
SOAL 4
Soal Penyisihan
1. Complete the following sentence!
Can you ………on the light please. It is dark in this room
Jawaban: Switch/ Put
2. Complete the following sentence!
I am so sorry for breaking your glass. Can you ………me please.
Jawaban: Forgive
3. Complete the following sentence!
You should see a ……….. if you are sick.
Jawaban: Doctor
4. Complete the following sentence!
Can you ………up please. It’s hard for me to hear your voice.
Jawaban: Speak
Cadangan:
2. 1. Complete the following sentence!
I thought the test would be difficult. As a matter of fact the test was so…..
Jawaban: Easy
Soal Rebutan
1. What is comparative sentence for the following data!
Ani is 15 years old, Dedi is 16 years old and Alfi is 13 years old.
Jawaban: Ani is older than Alfi/ Ani is younger than Dedi
Cadangan:
1. What is comparative sentence for the following data!
Ani is 150 cm tall, Dedi is 160 cm tall and Alfi is 130 cm tall.
Jawaban: Ani is taller than Alfi/ Ani is shorter than Dedi
SOAL FINAL
Soal Penyisihan
1. What is the antonym of STUPID?
Jawaban: Clever
2. What is the antonym of STRONG?
Jawaban: WEAK?
3. What is the antonym of BIG?
Jawaban: Small
4. What is the antonym of UGLY?
Jawaban: BEAUTYFULL/HANDSOME
Cadangan
1. What is the antonym of LAZY
Jawaban: Dilligent?
2. What is the antonym of CHEAP
Jawaban: Expensive
Soal Rebutan
1. Change the following sentence into future form
I study tonight
Jawaban: I will study tonight/ I am going to study tonight
Cadangan
2. Change the following sentence into future form
I watch television tonight
Jawaban: I will watch television tonight/
I am going to watch television tonight
=====MOGA BERMANFAAT========
Soal Penyisihan
1. How do you spell the following word: LIBRARY
2. How do you spell this word : SCHOOL
3. How do you spell this word : CLASSROOM
4. How do you spell the following word: FLOWER
Cadangan:
1. How do you spell the word : TEACHER
2. How do you spell the word : DILLIGENT
Soal Rebutan
1. What do you say if some helps you?
Jawaban: Thank you
Cadangan:
3. What do you say if you meet your friend in the morning?
Jawaban: Good morning
---------------------------------------------------------------------------------------------------------
SOAL 2
Soal Penyisihan
1. What is the opposite of BAD?
Jawaban: Good
2. What is the opposite of FAR?
Jawaban: Near
3. What is the opposite of TAKE?
Jawaban: Give
4. What is the opposite of LAZY?
Jawaban: Dilligent
Cadangan
1. What is the opposite of STRONG?
WEAK
2. What is the opposite of OLD?
YOUNG
Soal Rebutan
1. Someone who flies an aeroplane is called…….
Jawaban: PILOT
Cadangan
1. Someone who usually helps a doctor is called……..
Jawaban: NURSE)
SOAL 3
Soal Penyisihan
1. Complete this sentence: I need to ……. I am so thirsty.
Jawaban: DRINK
2. Complete this sentence: Let’s go to ………. I need to borrow some books.
Jawaban: LIBRARY
3. Complete this sentence: If you are sick you should see a ……….
Jawaban: DOCTOR
4. Complete this sentence: May I borrow your ……… I need to look up words I don’t know.
Jawaban: LIBRARY
Cadangan
1. Complete this sentence: I need to go to …….. to save my money.
Jawaban: BANK
Soal Rebutan
1. Change the following sentence into present continuous tense : He waters the flowers
Jawaban: He is watering the flowers
Cadangan:
Change the following sentence into present continuous tense : I wash my clothes
Jawaban: I am washing my clothes
SOAL 4
Soal Penyisihan
1. What is the past form of the verb GO?
Jawaban: WENT
2. What is the past form of the verb DO?
Jawaban: DID
3. What is the past form of the verb COME?
Jawaban: CAME
4. What is the past form of the verb FIND?
Jawaban: FOUND
Cadangan
1. What is the past form of the verb TAKE?
Jawaban: TOOK
2. What is the past form of the verb WRITE?
Jawaban: WROTE
Soal Rebutan
1. Determine whether this sentence is true or false : MY MOTHER ARE COOKING
Jawaban: FALSE
Cadangan
1. Determine whether this sentence is true or false : I DOES NOT HAVE ANY MONEY
Jawaban: FALSE
-------------------------------------------------------------------
SOAL 5
Soal Penyisihan
1. What day comes after Tuesday?
Jawaban: WEDNESDAY
2. What day number comes after eleven?
Jawaban: TWELVE
3. What month comes after July?
Jawaban: AUGUST
4. What year comes after 2010?
Jawaban: 2011
Cadangan
1. What day comes after Saturday?
Jawaban: SUNDAY
2. What month comes after March?
Jawaban: APRIL
Soal Rebutan
1. Someone who flies an aeroplane is called…….
Jawaban: PILOT
Cadangan
1. Someone who delivers letters is called………
Jawaban: POSTMAN
----------------------------------------------------------
SOAL 6
Soal Penyisihan
1. Complete the following sentence with correct form of possessive pronouns.
I have a car. This is … … car.
Jawaban: MY
2. Complete the following sentence with correct form of possessive pronouns. You have two horses. They are … … horses.
Jawaban: YOUR
3. Complete the following sentence with correct form of possessive pronouns!
He has a basket. That is … … basket.
Jawaban: HIS
4. Complete the following sentence with correct form of possessive pronouns.
She has two baskets. Those are …… baskets.
Jawaban: HER
Cadangan:
1. Complete the following sentence with correct form of possessive pronouns.
We have five apples. These are … …apples.
Jawaban: OUR
2. Complete the following sentence with correct form of possessive pronouns.
They have boat. It is … … boat.
Jawaban: THEIR
Soal Rebutan
1. Change the following sentence into simple past tense
I do not have much money
Jawaban: I DID NOT HAVE MUCH MONEY
Cadangan
2. Change the following sentence into simple past tense.
I cannot open the door
Jawaban: I could not open the door
-------------------------------------------------------------------------------------
SOAL 7
Penyisihan
1. Complete the sentence with appropriate word!
You go to a …to check your teeth.
Jawaban: DENTIST
2. Complete the sentence with appropriate word!
….helps a doctor to examine a patient.
Jawaban: NURSE
3. Complete the sentence with appropriate word!
A…makes wooden tables and chairs.
Jawaban: CARPENTER
4. Complete the sentence with appropriate word!
A ………… makes a shirt for you.
Jawaban: TAILOR
Cadangan
1. Complete the sentence with appropriate word!
Your …………. gives you homework everyday
Jawaban: TEACHER
2. Complete the sentence with appropriate word!
Every restaurant has……………………
Jawaban: COOKS
Soal Rebutan
1. What is the sport played by eleven players of each team?
Jawaban: SOCCER/ FOOTBALL
Cadangan
2. What is the sport played by six players of each team?
Jawaban: VOLLEYBALL
--------------------------------------------------------------------
SOAL 8
Soal Penyisihan
1. What is the appropriate question for the following response!
My full name is Dede Yusuf
Jawaban: What is your full name?
2. What is the appropriate question for the following response!
I am 14 years old
Jawaban: How old are you?
3. What is the appropriate question for the following response!
I am 160 cms tall
Jawaban: How tall are you?
4. What is the appropriate question for the following response!
I live in Bima
Jawaban: Where do you live?
Cadangan
1. What is the appropriate question for the following response!
I have two brothers and one sister
Jawaban: How many brothers and sisters do you have?
2. What is the appropriate question for the following response!
My father is a musician
Jawaban: What is your father’s job
Soal Rebutan
1. How do you response to the following news;
My father got an accident yesterday
Jawaban: I am sorry to hear that
Cadangan
How do you response to the following news
I have just won Olympic game
Jawaban: Congratulation
SOAL 1
Soal Penyisihan
1. Where do students usually borrow books?
Jawaban: Library
2. Where do students buy foods or cakes in school?
Jawaban: Canteen
3. Where do students conduct experiment?
Jawaban: Laboratory
4. Where do people go if they want to send letter:
Jawaban: Post office
Cadangan:
1. Where do people go to catch bush?
Jawaban: Bus station
Soal Rebutan
1. Change this sentence into simple past tense
I go to bed and then sleep
Jawaban: I went to bed and then slept
Cadangan:
2. Change this sentence into simple past tense!
I do the homework with my friends
Jawaban: I did the homework with my friend
SOAL 2
Soal Penyisihan
1. What do people usually use to cover themselves from the rain?
Jawaban: Rain coat/ Umbrella
2. What do students wear to school?
Jawaban: School uniform/uniform
3. What does a goal keeper use in his hand when playing football?
Jawaban: Gloves
4. What do people use to cover their heads from the heat of the sun?
Jawaban: Hat
Cadangan:
1. What does a motorcycle wear to protect his head?
Jawaban: Helmet
Soal Rebutan
1. Change this sentence into present continuous tense!
I and Nana watch a movie
Jawaban: I and Nana are watching a movie
Cadangan:
1. Change this sentence into present continuous tense!
I and Nana do the homework
Jawaban: I and Nana are doing the homework
SOAL 3
Soal Penyisihan
1. What do people usually do when they are hungry?
Jawaban: eat
2. What do people do when they are sleepy?
Jawaban: Go to bed/ sleep
3. What do people do when they are thirsty?
Jawaban: Drink
4. What do people do in swimming pool?
Jawaban: swim
Cadangan:
1. What do people usually do in front of television?
Jawaban: Watch
Soal Rebutan
1. Change this sentence into simple past tense!
I have to go to Bali
Jawaban: I had to go to Bali
Cadangan:
1. Change this sentence into simple past tense!
I can do the homework
Jawaban: I could do the homework
SOAL 3
Soal Penyisihan
1. What do people usually do when they are hungry?
Jawaban: eat
2. What do people do when they are sleepy?
Jawaban: Go to bed/ sleep
3. What do people do when they are thirsty?
Jawaban: Drink
4. What do people do in swimming pool?
Jawaban: swim
Cadangan:
1. What do people usually do in front of television?
Jawaban: Watch
Soal Rebutan
1. Change this sentence into simple past tense!
I have to go to Bali
Jawaban: I had to go to Bali
Cadangan:
1. Change this sentence into simple past tense!
I can do the homework
Jawaban: I could do the homework
SOAL 4
Soal Penyisihan
1. Complete the following sentence!
Can you ………on the light please. It is dark in this room
Jawaban: Switch/ Put
2. Complete the following sentence!
I am so sorry for breaking your glass. Can you ………me please.
Jawaban: Forgive
3. Complete the following sentence!
You should see a ……….. if you are sick.
Jawaban: Doctor
4. Complete the following sentence!
Can you ………up please. It’s hard for me to hear your voice.
Jawaban: Speak
Cadangan:
2. 1. Complete the following sentence!
I thought the test would be difficult. As a matter of fact the test was so…..
Jawaban: Easy
Soal Rebutan
1. What is comparative sentence for the following data!
Ani is 15 years old, Dedi is 16 years old and Alfi is 13 years old.
Jawaban: Ani is older than Alfi/ Ani is younger than Dedi
Cadangan:
1. What is comparative sentence for the following data!
Ani is 150 cm tall, Dedi is 160 cm tall and Alfi is 130 cm tall.
Jawaban: Ani is taller than Alfi/ Ani is shorter than Dedi
SOAL FINAL
Soal Penyisihan
1. What is the antonym of STUPID?
Jawaban: Clever
2. What is the antonym of STRONG?
Jawaban: WEAK?
3. What is the antonym of BIG?
Jawaban: Small
4. What is the antonym of UGLY?
Jawaban: BEAUTYFULL/HANDSOME
Cadangan
1. What is the antonym of LAZY
Jawaban: Dilligent?
2. What is the antonym of CHEAP
Jawaban: Expensive
Soal Rebutan
1. Change the following sentence into future form
I study tonight
Jawaban: I will study tonight/ I am going to study tonight
Cadangan
2. Change the following sentence into future form
I watch television tonight
Jawaban: I will watch television tonight/
I am going to watch television tonight
=====MOGA BERMANFAAT========
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS :PENINGKATAN MINAT BELAJAR DAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PHA DI KELAS VII.3
Berikut adalah contoh PTK Bahasa Inggris Oleh Salahuddin
BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang Masalah
Akhir-akhir ini mata pelajaran Bahasa Inggris Pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) mendapat perhatian yang sangat serius baik oleh pemerintah maupun masyarakat. Hal tersebut sangat beralasan dilihat dari beberapa faktor. Faktor pertama adalah pengimplementasian kebijakan pemerintah melalui Departemen Pendidikan yang menetapkan Bahasa Inggris sebagai salah satu dari tiga mata pelajaran Ujian Nasional (UN) pusat dimana soal dan pemeriksaan hasil ujian siswa dilaksanakan oleh Pusat Pendidikan dan Latihan.
Faktor kedua adalah.....(dst...)
Berdasarkan pendapat tersebut diatas penulis merancang sebuah media PHA (Papan Huruf Acak) yang diharapkan bisa meningkatkan minat belajar dan penguasaan kosa kata bahasa Inggris siswa. Oleh sebab itu penulis tertarik untuk melakukan penelitan tang berjudul ” Peningkatan minat belajar dan penguasaan kosa kata bahasa Inggris siswa melalui penggunaan media PHA di kelas VII.3 SMPN 2 Wera Kabupaten Bima pada semester gasal tahun pelajaran 2010/2011”.
B.Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang yang telah dikemukakan, maka rumusan ma-salah pada penelitian ini adalah.
1.Apakah penggunaan media PHA dapat meningkatkan minat belajar kosa bahasa Inggris siswa kelas VII.3 SMPN 2 Wera Kabupaten Bima pada semester gasal tahun pelajaran 2010/2011?
2.Apakah penggunaan media PHA dapat meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Inggris siswa kelas VII.3 SMPN 2 Wera Kabupaten Bima pada semester gasal tahun pelajaran 2010/2011?
C.Tujuan Penelitian
(dst)
BAB II
KAJIAN PUSTAKA DAN HIPOTESIS TINDAKAN
A.Kajian Pustaka
1.Hakikat Minat Belajar
Secara bahasa minat berarti kesukaan (kecenderungan hati) kepada sesu-atu; perhatian; keinginan (Poerwadarminta, 2006: 769).....dst...
3.Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris
Kosa kata merupakan unsur utama dalam sebuah bahasa, termasuk bahasa Inggris. Hal ini sesuai dengan pendapat Vygotskey (1986) seperti yang dikutip dalam Boehm dan Thomson (1997) bahwa kosa kata adalah komponen utama dalam berkomunikasi dalam sebuah bahasa. .....dst...
4.Media Pembelajaran
Media pembelajaran dapat didefinisikan sebagai sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan yang dapat merangsang, pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar pada diri siswa (Soeharto, 2003)..... dst........
B.Hipotesis Tindakan
Hipotesis Tindakan yang diajukan dalam penelitian ini adalah” Minat belajar dan penguasaan kosa kata siswa kelas VII.3 SMPN 2 Wera Kabupaten Bima pada semester gasal tahun pelajaran 2010/2011 akan meningkat jika pembelajaran menggunakan media Papan Huruf Acak (PHA)”
BAB III
METODE PENELITIAN
A. Pendekatan dan Jenis Penelitian
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Desain penelitian mengacu pada model Kemmis dan M.C Taggart yang terdiri atas empat komponen, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. PTK dilaksanakan dalam dua siklus sebagaimana Gambar 3.1 berikut.
Gambar 3.1. Langkah-Langkah PTK Model Kemmis dan Mc Taggart (Susilo dkk, 2008: 14)
.....dst.....
B.Kehadiran dan Peran Peneliti di Lapangan
C.Lokasi Penelitian
Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Wera Kabupaten Bima semester I tahun 2010/2011. .....dst...
D. Subjek Penelitian
Subjek penelitian adalah siswa kelas VII.3 SMP Negeri 2 Wera Kabupaten Bima tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa 38 orang yang terdiri dari 18 laki-laki dan 20 perempuan.
E.Data dan Sumber Data
Data dalam penelitian ini adalah data minat siswa dan data penguasaan kosa kata siswa. Data minat siswa diperoleh dari pengamatan observer dalam kegiatan pembelajaran pada pelaksanaan siklus I dan pelaksanaan siklus II, sedangkan data penguasaan kosa kata siswa diperoleh dari hasil tes penguasaan kosa kata siswa pada siklus I dan siklus II. Dua instrument tersebut dilengkapi dengan catatan lapangan. Sumber data adalah semua siswa kelas VII.3 SMP Negeri 2 Wera Kabupaten Bima. Untuk lebih jelasnya data dan sumber data penelitian ini ditunjukkan dalam Tabel 3.1 berikut.
F. Instrumen Penelitian
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 3 yaitu:
1.Lembar obervasi
Lembar observasi siswa ini digunakan untuk menilai minat siswa ketika pembelajaran kosa kata bahasa Inggris dengan menggunakan media Papan Huruf Acak (PHA) sedang berlangsung. Jenis observasi adalah observasi terstruktur yang berarti bahwa variabel atau aspek minat belajar telah dirancang secara sistematis sehingga observer telah mengetahui dengan pasti aspek apa yang diamati (Sugiono, 2011). Lembar observasi yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari Observation Sheet oleh Mathew Peacock (1997). Lima aspek yang dinialai yaitu; Keterlibatan siswa dalam menyelesaikan tugas, Konsentrasi siswa, Keaktifan siswa, Ketertarikan siswa terhadap penggunaan media, dan Kesenangan siswa dalam proses pembelajaran. Setiap aspek dinilai berdasarkan skala interval mulai dari 1 (rendah) sampai 5 (tinggi). Total jumlah skor paling rendah adalah 5 dan paling tinggi adalah 25. Gambaran selengkapnya dapat dilihat pada Tabel 3.2....dst.....
2.Catatan lapangan
Catatan lapangan digunakan untuk mencatat segala bentuk kegiatan yang dilakukan siswa atau hal-hal lain yang terkait dengan penelitian yang belum terekam dalam lembar observasi misalnya mengenai nama siswa yang tidak masuk dan situasi ketika pembelajaran berlangsung. Catatan lapangan dilakukan oleh observer dengan mengamati dan mencatat kejadian-kejadian penting dalam kegiatan pembelajaran.
3.Tes
Tes digunakan sebagai pendukung untuk melihat peningkatan minat belajar siswa dengan asumsi bahwa peningkatan penguasaan kosa kata berbanding lurus dengan peningkatan minat belajar siswa. Tes juga digunakan untuk menutup kekurangan pada lembar observasi yang dilakukan oleh observer, misalnya ada siswa ketika diamati secara fisik terlihat kurang berminat dalam belajar tetapi hasil evaluasinya tinggi dan cenderung meningkat, kasus seperti ini membuktikan bahwa sebenarnya siswa tersebut berminat dalam belajar tetapi cenderung terlihat pasif di kelas. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes buatan guru. .....dst.....
BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil penelitian
a. Paparan Data
1. Tahap Pendahuluan
.....dst.....
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh observer terhadap minat belajar siswa diperoleh data minat belajar siswa pada siklus I seperti pada Tabel 4.1 berikut.
Tabel 4.1. Data Minat Belajar Siswa Pada Siklus I
No Aspek Pertemuan I Pertemuan II Keterangan
Skor Skor
1 Keterlibatan siswa dalam menyelesaikan tugas 3 4
2 Konsentrasi siswa 3 4
3 Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran 4 4
4 Ketertarikan siswa terhadap media 3 4
5 Kesenangan siswa dalam proses pembelajaran 4 4
Jumlah skor 18 20
Persentase minat 68% 80%
......dst.....
b.Analisis Data
Dalam penelitian ini data pertama yang dianalisis adalah minat siswa untuk menjawab permasalahan pertama ”Apakah penggunaan media PHA dapat meningkatkan minat belajar kosa bahasa Inggris kata siswa kelas VII.3 SMPN 2 Wera Kabupaten Bima?
Berdasarkan data hasil pengamatan observer diketahui perubahan yang terjadi pada minat belajar kosa kata siswa seperti tersaji dalam tabel berikut
....dst.....
B.Pembahasan
Pada penelitian ini, tingkat minat siswa terhadap suatu proses pembelajaran dapat dinilai dari beberapa indikator antara lain (1) Keterlibatan siswa dalam menyelesaikan tugas, (2) konsentrasi siswa dalam pembelajaran, (3) keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, (4) ketertarikan siswa terhadap media pembelajaran yang digunakan, dan kesenangan siswa dalam mengikuti pembelajaran (Peacock, 1997). Pengukuran minat juga didasarkan pada hasil belajar siswa dengan a¬sum¬¬¬¬si bahwa jika minat belajar siswa tinggi maka cenderung hasil belajar¬nya tinggi juga (Ahmadi. 1986: 42), tetapi dalam beberapa kasus ada siswa yang dalam kegiatan pembelajarannya terlihat kurang aktif atau kurang ber-minat tetapi hasil bela¬jarnya tinggi, sehingga kekurangan pada lembar penga¬matan minat yang dila¬kukan oleh observer ditutupi dengan hasil belajar sis¬wa.
Dari data observasi minat yang dilakukan oleh observer diketahui bahwa indikator keberhasilan tindakan dalam penelitian yaitu > 76% sudah dicapai. Hal ini berdasarkan perolehan persentase minat siswa pada kedua siklus. Pada siklus I persentasenya adalah sebesar 80% dan pada siklus II sebesar 92%.
....dst...
BAB V
PENUTUP
A.Kesimpulan
Berdasarkan temuan data dan pembahasan pada bab sebelumnya maka da-pat disimpulkan bahwa:
1.Penggunaan media Papan Huruf Acak (PHA) dapat meningkatkan minat belajar kosa kata siswa kelas VII.3 SMPN 2 Wera Kabupaten Bima pada semester gasal tahun pelajaran 2010/2011....dst....
B.Saran
Berdasarkan kesimpulan yang diperoleh dari penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media Papan Huruf Acak (PHA) dalam pembelajaran kosa kata, maka dianjurkan beberapa saran yang perlu dipertimbangkan sebagai berikut....dst...
DAFTAR RUJUKAN
Aqib, Zainal, (2003). Profesional Guru Dalam Pembelajaran.Surabaya: Insan Cendekia
Boehm, R. B., Thompson, R. A. (Dec 1996/Jan 1997). Intriguing students with magic squares to enhance their Aussie/American vocabulary. Journal of Adolescent & Adult Literacy, 40, 4, 298.
Cameron, L. (2002). Measuring vocabulary size in English as an additional language. Language Teaching Research, 6,2, 145–173.
Depdiknas. (2003) Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktoral Pendidikan Lanjutan Pertama.
Depdiknas, (2004). Media Pembelajaran. Jakarta.
Depdiknas. (2005). Materi Pelatihan Terintegrasi – Bahasa Inggris 1. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Pertama
Drucker, M. J. (Sep 2003). What reading teachers should know about ESL learners. The Reading Teacher, 57, 1, 22.
Hamalik, O., (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Kemp, J. E. & Dayton (1985). Planning and introducing instructional media (5th ed.). New York: Harper & Row Publisher, Inc.
Moleong, L.J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif edisi revisi.Bandung: Rosdakarya.
Otten, A. S. (Jul 2003). Defining moment: Teaching vocabulary to unmotivated students. English Journal, 92, 6, 75.
Peacock, M., (April 1997). The effect of authentic materials on the motivation of learners. ELT Journal, 15, 2, 77
Poerwadarminta, W.J.S. 2006. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Rodgers, D., Withrow-Thorton, B. J. (2005). The effect of instructional media on learners’ motivation. International Journal of Instructional Media, 32, 4, 333
Slameto, (1991). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiono, (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suprayekti, (2004). Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Ditjen Dikdasmen Derektorat Tenaga Kependidikan Depsiknas.
Soeharto, Karti . (2003). Teknologi Pembelajaran- Pendekatan Sistem, Konsepsidan modul, SAP, Evaluasi, Sumber Belajar dan Media. Surabaya : Sic.
Tran, A. (Fall 2006). An approach to basic vocabulary development for English language learners. Reading Improvement, 43, 3, 157.
Usman, M., U., (2000). Menjadi Guru Profesional.Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Usman & Setiawati. (1993). Upaya optimalisasi kegiatan belajar mengajar. Bandung: Rosdakarya
BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang Masalah
Akhir-akhir ini mata pelajaran Bahasa Inggris Pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) mendapat perhatian yang sangat serius baik oleh pemerintah maupun masyarakat. Hal tersebut sangat beralasan dilihat dari beberapa faktor. Faktor pertama adalah pengimplementasian kebijakan pemerintah melalui Departemen Pendidikan yang menetapkan Bahasa Inggris sebagai salah satu dari tiga mata pelajaran Ujian Nasional (UN) pusat dimana soal dan pemeriksaan hasil ujian siswa dilaksanakan oleh Pusat Pendidikan dan Latihan.
Faktor kedua adalah.....(dst...)
Berdasarkan pendapat tersebut diatas penulis merancang sebuah media PHA (Papan Huruf Acak) yang diharapkan bisa meningkatkan minat belajar dan penguasaan kosa kata bahasa Inggris siswa. Oleh sebab itu penulis tertarik untuk melakukan penelitan tang berjudul ” Peningkatan minat belajar dan penguasaan kosa kata bahasa Inggris siswa melalui penggunaan media PHA di kelas VII.3 SMPN 2 Wera Kabupaten Bima pada semester gasal tahun pelajaran 2010/2011”.
B.Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang yang telah dikemukakan, maka rumusan ma-salah pada penelitian ini adalah.
1.Apakah penggunaan media PHA dapat meningkatkan minat belajar kosa bahasa Inggris siswa kelas VII.3 SMPN 2 Wera Kabupaten Bima pada semester gasal tahun pelajaran 2010/2011?
2.Apakah penggunaan media PHA dapat meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Inggris siswa kelas VII.3 SMPN 2 Wera Kabupaten Bima pada semester gasal tahun pelajaran 2010/2011?
C.Tujuan Penelitian
(dst)
BAB II
KAJIAN PUSTAKA DAN HIPOTESIS TINDAKAN
A.Kajian Pustaka
1.Hakikat Minat Belajar
Secara bahasa minat berarti kesukaan (kecenderungan hati) kepada sesu-atu; perhatian; keinginan (Poerwadarminta, 2006: 769).....dst...
3.Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris
Kosa kata merupakan unsur utama dalam sebuah bahasa, termasuk bahasa Inggris. Hal ini sesuai dengan pendapat Vygotskey (1986) seperti yang dikutip dalam Boehm dan Thomson (1997) bahwa kosa kata adalah komponen utama dalam berkomunikasi dalam sebuah bahasa. .....dst...
4.Media Pembelajaran
Media pembelajaran dapat didefinisikan sebagai sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan yang dapat merangsang, pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar pada diri siswa (Soeharto, 2003)..... dst........
B.Hipotesis Tindakan
Hipotesis Tindakan yang diajukan dalam penelitian ini adalah” Minat belajar dan penguasaan kosa kata siswa kelas VII.3 SMPN 2 Wera Kabupaten Bima pada semester gasal tahun pelajaran 2010/2011 akan meningkat jika pembelajaran menggunakan media Papan Huruf Acak (PHA)”
BAB III
METODE PENELITIAN
A. Pendekatan dan Jenis Penelitian
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Desain penelitian mengacu pada model Kemmis dan M.C Taggart yang terdiri atas empat komponen, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. PTK dilaksanakan dalam dua siklus sebagaimana Gambar 3.1 berikut.
Gambar 3.1. Langkah-Langkah PTK Model Kemmis dan Mc Taggart (Susilo dkk, 2008: 14)
.....dst.....
B.Kehadiran dan Peran Peneliti di Lapangan
C.Lokasi Penelitian
Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Wera Kabupaten Bima semester I tahun 2010/2011. .....dst...
D. Subjek Penelitian
Subjek penelitian adalah siswa kelas VII.3 SMP Negeri 2 Wera Kabupaten Bima tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa 38 orang yang terdiri dari 18 laki-laki dan 20 perempuan.
E.Data dan Sumber Data
Data dalam penelitian ini adalah data minat siswa dan data penguasaan kosa kata siswa. Data minat siswa diperoleh dari pengamatan observer dalam kegiatan pembelajaran pada pelaksanaan siklus I dan pelaksanaan siklus II, sedangkan data penguasaan kosa kata siswa diperoleh dari hasil tes penguasaan kosa kata siswa pada siklus I dan siklus II. Dua instrument tersebut dilengkapi dengan catatan lapangan. Sumber data adalah semua siswa kelas VII.3 SMP Negeri 2 Wera Kabupaten Bima. Untuk lebih jelasnya data dan sumber data penelitian ini ditunjukkan dalam Tabel 3.1 berikut.
F. Instrumen Penelitian
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 3 yaitu:
1.Lembar obervasi
Lembar observasi siswa ini digunakan untuk menilai minat siswa ketika pembelajaran kosa kata bahasa Inggris dengan menggunakan media Papan Huruf Acak (PHA) sedang berlangsung. Jenis observasi adalah observasi terstruktur yang berarti bahwa variabel atau aspek minat belajar telah dirancang secara sistematis sehingga observer telah mengetahui dengan pasti aspek apa yang diamati (Sugiono, 2011). Lembar observasi yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari Observation Sheet oleh Mathew Peacock (1997). Lima aspek yang dinialai yaitu; Keterlibatan siswa dalam menyelesaikan tugas, Konsentrasi siswa, Keaktifan siswa, Ketertarikan siswa terhadap penggunaan media, dan Kesenangan siswa dalam proses pembelajaran. Setiap aspek dinilai berdasarkan skala interval mulai dari 1 (rendah) sampai 5 (tinggi). Total jumlah skor paling rendah adalah 5 dan paling tinggi adalah 25. Gambaran selengkapnya dapat dilihat pada Tabel 3.2....dst.....
2.Catatan lapangan
Catatan lapangan digunakan untuk mencatat segala bentuk kegiatan yang dilakukan siswa atau hal-hal lain yang terkait dengan penelitian yang belum terekam dalam lembar observasi misalnya mengenai nama siswa yang tidak masuk dan situasi ketika pembelajaran berlangsung. Catatan lapangan dilakukan oleh observer dengan mengamati dan mencatat kejadian-kejadian penting dalam kegiatan pembelajaran.
3.Tes
Tes digunakan sebagai pendukung untuk melihat peningkatan minat belajar siswa dengan asumsi bahwa peningkatan penguasaan kosa kata berbanding lurus dengan peningkatan minat belajar siswa. Tes juga digunakan untuk menutup kekurangan pada lembar observasi yang dilakukan oleh observer, misalnya ada siswa ketika diamati secara fisik terlihat kurang berminat dalam belajar tetapi hasil evaluasinya tinggi dan cenderung meningkat, kasus seperti ini membuktikan bahwa sebenarnya siswa tersebut berminat dalam belajar tetapi cenderung terlihat pasif di kelas. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes buatan guru. .....dst.....
BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil penelitian
a. Paparan Data
1. Tahap Pendahuluan
.....dst.....
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh observer terhadap minat belajar siswa diperoleh data minat belajar siswa pada siklus I seperti pada Tabel 4.1 berikut.
Tabel 4.1. Data Minat Belajar Siswa Pada Siklus I
No Aspek Pertemuan I Pertemuan II Keterangan
Skor Skor
1 Keterlibatan siswa dalam menyelesaikan tugas 3 4
2 Konsentrasi siswa 3 4
3 Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran 4 4
4 Ketertarikan siswa terhadap media 3 4
5 Kesenangan siswa dalam proses pembelajaran 4 4
Jumlah skor 18 20
Persentase minat 68% 80%
......dst.....
b.Analisis Data
Dalam penelitian ini data pertama yang dianalisis adalah minat siswa untuk menjawab permasalahan pertama ”Apakah penggunaan media PHA dapat meningkatkan minat belajar kosa bahasa Inggris kata siswa kelas VII.3 SMPN 2 Wera Kabupaten Bima?
Berdasarkan data hasil pengamatan observer diketahui perubahan yang terjadi pada minat belajar kosa kata siswa seperti tersaji dalam tabel berikut
....dst.....
B.Pembahasan
Pada penelitian ini, tingkat minat siswa terhadap suatu proses pembelajaran dapat dinilai dari beberapa indikator antara lain (1) Keterlibatan siswa dalam menyelesaikan tugas, (2) konsentrasi siswa dalam pembelajaran, (3) keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, (4) ketertarikan siswa terhadap media pembelajaran yang digunakan, dan kesenangan siswa dalam mengikuti pembelajaran (Peacock, 1997). Pengukuran minat juga didasarkan pada hasil belajar siswa dengan a¬sum¬¬¬¬si bahwa jika minat belajar siswa tinggi maka cenderung hasil belajar¬nya tinggi juga (Ahmadi. 1986: 42), tetapi dalam beberapa kasus ada siswa yang dalam kegiatan pembelajarannya terlihat kurang aktif atau kurang ber-minat tetapi hasil bela¬jarnya tinggi, sehingga kekurangan pada lembar penga¬matan minat yang dila¬kukan oleh observer ditutupi dengan hasil belajar sis¬wa.
Dari data observasi minat yang dilakukan oleh observer diketahui bahwa indikator keberhasilan tindakan dalam penelitian yaitu > 76% sudah dicapai. Hal ini berdasarkan perolehan persentase minat siswa pada kedua siklus. Pada siklus I persentasenya adalah sebesar 80% dan pada siklus II sebesar 92%.
....dst...
BAB V
PENUTUP
A.Kesimpulan
Berdasarkan temuan data dan pembahasan pada bab sebelumnya maka da-pat disimpulkan bahwa:
1.Penggunaan media Papan Huruf Acak (PHA) dapat meningkatkan minat belajar kosa kata siswa kelas VII.3 SMPN 2 Wera Kabupaten Bima pada semester gasal tahun pelajaran 2010/2011....dst....
B.Saran
Berdasarkan kesimpulan yang diperoleh dari penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media Papan Huruf Acak (PHA) dalam pembelajaran kosa kata, maka dianjurkan beberapa saran yang perlu dipertimbangkan sebagai berikut....dst...
DAFTAR RUJUKAN
Aqib, Zainal, (2003). Profesional Guru Dalam Pembelajaran.Surabaya: Insan Cendekia
Boehm, R. B., Thompson, R. A. (Dec 1996/Jan 1997). Intriguing students with magic squares to enhance their Aussie/American vocabulary. Journal of Adolescent & Adult Literacy, 40, 4, 298.
Cameron, L. (2002). Measuring vocabulary size in English as an additional language. Language Teaching Research, 6,2, 145–173.
Depdiknas. (2003) Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktoral Pendidikan Lanjutan Pertama.
Depdiknas, (2004). Media Pembelajaran. Jakarta.
Depdiknas. (2005). Materi Pelatihan Terintegrasi – Bahasa Inggris 1. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Pertama
Drucker, M. J. (Sep 2003). What reading teachers should know about ESL learners. The Reading Teacher, 57, 1, 22.
Hamalik, O., (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Kemp, J. E. & Dayton (1985). Planning and introducing instructional media (5th ed.). New York: Harper & Row Publisher, Inc.
Moleong, L.J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif edisi revisi.Bandung: Rosdakarya.
Otten, A. S. (Jul 2003). Defining moment: Teaching vocabulary to unmotivated students. English Journal, 92, 6, 75.
Peacock, M., (April 1997). The effect of authentic materials on the motivation of learners. ELT Journal, 15, 2, 77
Poerwadarminta, W.J.S. 2006. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Rodgers, D., Withrow-Thorton, B. J. (2005). The effect of instructional media on learners’ motivation. International Journal of Instructional Media, 32, 4, 333
Slameto, (1991). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiono, (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suprayekti, (2004). Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Ditjen Dikdasmen Derektorat Tenaga Kependidikan Depsiknas.
Soeharto, Karti . (2003). Teknologi Pembelajaran- Pendekatan Sistem, Konsepsidan modul, SAP, Evaluasi, Sumber Belajar dan Media. Surabaya : Sic.
Tran, A. (Fall 2006). An approach to basic vocabulary development for English language learners. Reading Improvement, 43, 3, 157.
Usman, M., U., (2000). Menjadi Guru Profesional.Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Usman & Setiawati. (1993). Upaya optimalisasi kegiatan belajar mengajar. Bandung: Rosdakarya
Langganan:
Postingan (Atom)